ANALISIS UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERPEN “HIKAYAT SUARA-SUARA” KARYA TAUFIK IKRAM JAMIL (Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerita Pendek pada Peserta Didik SMK Kelas XI

Putra, Abdi Maha (2019) ANALISIS UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERPEN “HIKAYAT SUARA-SUARA” KARYA TAUFIK IKRAM JAMIL (Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerita Pendek pada Peserta Didik SMK Kelas XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover- kata pengantar.pdf

Download (488kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI FINAL.pdf

Download (407kB)
[img] Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (558kB)
[img] Text
4. BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (689kB)
[img] Text
5. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V SIMPULAN DAN SARAN halaman 212 s.d. 214.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA FIX hal 213-214.pdf

Download (248kB)

Abstract

ABSTRAK Abdi Maha Putra. 2019. Analisis Unsur Pembangun Teks Cerita Pendek dalam Kumpulan Cerpen “Hikayat Suara-Suara” Karya Taufik Ikram Jamil (sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Pada Peserta Didik SMK Al-Ma’rufi Kelas XI). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Dalam Permendikbud Nomor. 24 Tahun 2016 dalam Kurikulum 2013 revisi, salah satu kompetensi dasar dari kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik kelas XI adalah KD. 3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan unsur pembangun cerita pendek yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek “Hikayat Suara-suara” karya Taufik Ikram Jamil serta dapat atau tidaknya cerita pendek tersebut dijadikan sebagai alternatif bahan ajar peserta didik kelas XI SMK Al-Ma’rufi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskripsi analitik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik dokumentasi, teknik analisis, dan teknik penyesuaian kriteria bahan ajar sastra. Hasil analisis data menunjukan bahwa kumpulan cerita pendek “Hikayat Suara�suara” karya Taufik Ikram Jamil yang telah diambil enam sampel dari 16 populasi memiliki kelengkapan unsur-unsur pembangun. Kumpulan cerita pendek “Hikayat Suara-suara” karya Taufik Ikram Jamil juga sesuai dengan kriteria bahan ajar sehingga dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMK Al-Ma’rufi. Hasil analisis dari 12 peserta didik di kelas XI SMK Al-Ma’rufi Tasikmalaya, dihasilkan data yang menunjukan 11 peserta didik dapat menganalisis dengan tepat dan 1 orang peserta didik menganalisis dengan kurang tepat. Hal tersebut menjadi salah satu tolok ukur dapatnya kumpulan cerita pendek cerita pendek “Hikayat Suara-suara” karya Taufik Ikram Jamil menjadi alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kriteria bahan ajar sastra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:38
Last Modified: 02 Feb 2022 07:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item