PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

PERMANA, AHMAD NANA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Ahmad Nana Permana_152154061_Pend.Biologi_FKIP_UNSIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD NANA PERMANA. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Pemaknaan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Keanekaragaman Hayati (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pembaharuan model pendidikan sangat diperlukan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, kualitas sumber manusia suatu bangsa erat kaitannya dengan kualitas pendidikan pada era teknologi dewasa ini. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pemaknaan terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati (studi eksperimen di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya, tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan September 2019, di SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain randomized Pretest-Posttest control group design. Populasi berjumlah 246 orang, dengan teknik cluster random sampling, hasilnya adalah kelas X MIPA 4 (eksperimen) dan X MIPA 6 (kontrol). Instrumen penelitian menggunakan instrumen tervalidasi Anates (32 butir) berbentuk pilihan majemuk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran pemaknaan terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati (studi eksperimen di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya, tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Pembaharuan model pembelajaran, pemaknaan, hasil belajar, Keanekaragaman hayati

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 02 Feb 2022 00:56
Last Modified: 02 Feb 2022 00:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item