PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH BRANSFORD DAN STEIN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Penelitian Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmalaya)

MARESTA, REGINA (2019) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH BRANSFORD DAN STEIN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Penelitian Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (350kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (79kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (222kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (241kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK REGINA MARESTA 2019, PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH BRANSFORD DAN STEIN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Penelitian Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu think aloud. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes Pemecahan Masalah, angket Adversity Response Profile (ARP) dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri, soal Pemecahan Masalah, angket Adversity Response Profile (ARP) dan wawancara. Sumber data yang digunakan dibagi tiga yaitu tempat yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tasikmalaya , pelaku dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas VII 6, aktivitas dalam penelitian ini yaitu mengisi angket Adversity Response Profile (ARP) dan wawancara saat siswa mengerjakan soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini yaitu subjek Quitter memiliki tipe proses berpikir komputasional, subjek Camper memiliki tipe proses berpikir semikonseptual dan subjek Climber memiliki tipe proses berpikir konseptual. Kata kunci: proses berpikir, pemecahan masalah, Adversity Quotient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:33
Last Modified: 27 Jan 2022 07:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4317

Actions (login required)

View Item View Item