PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAAN TEKNIK PROBING PROMTING DENGAN YANG TIDAK (Penelitian terhadap peserta didik kelas VII SMP N 2 Manonjaya)

CANIA, DECI (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAAN TEKNIK PROBING PROMTING DENGAN YANG TIDAK (Penelitian terhadap peserta didik kelas VII SMP N 2 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK DECI CANIA. 2019. Perbandingan Pemahaman Matematik Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Teknik Probing Promting Dengan Yang Tidak (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Manonjaya Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Untuk mencapai pemahaman matematik peserta didik perlu adanya variasi model pembelajaran disekolah sehingga peserta didik tidak jenuh ketika belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yaitu dengan kelas eksperimen I menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan teknik Probing Promting, kelas eksperimen II tidak menggunakan teknik Probing Promting. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman matematik dalam bentuk uraian sebanyak 6 soal. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Manonjaya. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak menurut kelas dari seluruh populasi, terpilih kelas VII-A sebagai kelas eksperimen 1, dan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : kemampuan pemahaman matematik peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan teknik Probing Promting lebih baik dibandingkan yang tidak menggunakan teknik Probing Promting. Terlihat dari rata-rata hasil tes untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan teknik Probing Promting yaitu 17,9 dan 15,8 untuk kelas yang tidak menggunakan teknik Probing Promting. Motivasi peserta didik dalam kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan teknik Probing Promting menunjukan motivasi sedang dan kelas yang tidak menggunakan teknik Probing Promting menunjukan motivasi rendah. Kata kunci: Kemampuan pemahaman matematik, model GI, dan teknik Probing Promting

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:56
Last Modified: 27 Jan 2022 04:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item