PENGARUH SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

ROHMATIN, SHILFINA (2019) PENGARUH SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI Shilfina sesudah sidang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Shilfina Rohmatin (2019). “Pengaruh Self Efficacy Peserta Didik dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI dan XII SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Dibawah bimbingan H. Syamsudin Arnasik, Drs., M.Pd.,1), dan Rendra Gumilar, M.Pd.,2) Penelitian dilatar belakangi dengan masalah prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya pada mata pelajaran ekonomi. Masih terdapat banyak peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan oleh sekolah. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pengaruh self efficacy peserta didik dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian survei dengan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, penyebaran angket, dan studi dokumentasi. Populasi sebanyak 381 peserta didik pada kelas XI IPS dan kelas XII IPS SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel sebanyak 190 peserta didik. Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y = 29.502 + 0,345X1 + 0.225X2 dengan hasil uji t untuk variabel self efficacy yaitu nilai thitung sebesar 8,103 dan ttabel 1,97273 dan kreativitas guru thitung 4,470 dan ttabel 1,97273 atau thitung ≥ ttabel. Artinya self efficacy dan kreativitas guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik. Selanjutnya hasil dari uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebsar 0,355 berarti pengaruh kondisi self efficacy dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 35,5%. Dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 51,554 dan Ftabel 3,05 atau Fhitung ≥ Ftabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa self efficacy dan kreativitas guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Self Efficacy, Kreativitas Guru, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:32
Last Modified: 27 Jan 2022 04:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item