PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

KHAIRIYAH, RAHMATUL. (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
07. BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
08. BAB II.pdf

Download (602kB)
[img] Text
09. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

ABSTRAK RAHMATUL KHAIRIYAH. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar pada Konsep Virus (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Keterampilan self regulated learning sangat diperlukan dalam proses pembelajaran agar dapat melatih dan meningkatkan cara belajar peserta didik. Problem based learning adalah model pembelajaran yang berbasis masalah, peserta didik sangat berperan penting dari awal sampai akhir pembelajaran, sehingga mampu melatih peserta didik dalam meregulasikan dirinya (self regulated learning) dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap self regulated learning dan hasil belajar pada konsep virus di kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai bulan Oktober 2019. Metode penelitian menggunakan true experimental dengan populasi seluruh kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya sebanyak 3 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 90 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa pengisian kuesioner self regulated learning sebanyak 44 pernyataan dan tes hasil belajar berbentuk multiple choice pada konsep virus sebanyak 31 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analyze of covarience) dengan probabibilitas atau taraf signifikan sebesar (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh problem based learning terhadap self regulated learning dan hasil belajar pada konsep virus di kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Problem Based Learning, Self Regulated Learning, Peserta Didik, Virus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:01
Last Modified: 27 Jan 2022 01:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4286

Actions (login required)

View Item View Item