Ulfah, Anisa Dewi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RQA (READING, QUESTIONING, AND ANSWERING) TERHADAP RETENSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti, Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
00 COVER SKRIPSI.pdf Download (50kB) |
|
Text
01 Lembar Pengesahan.pdf Download (13kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
08 BAB I.pdf Download (379kB) |
|
Text
09 BAB II.pdf Download (528kB) |
|
Text
10 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
11 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
Abstract
ABSTRAK ANISA DEWI ULFAH. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran RQA (Reading, Questioning, and Answering) terhadap Retensi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Virus (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti, Tahun Ajaran 2019/2020) Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RQA (Reading, Questioning, And Answering) Terhadap Retensi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Virus di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan Oktober 2019 di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeutisebanyak 8 kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 218 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA 1 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur retensi peserta didik, digunakan instrumen berupa tes retensi berjumlah 22 butir pilihan majemuk dan tes hasil belajar berjumlah 31 butir soal pilihan majemuk. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Ancova dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran RQA (Reading, Questioning, And Answering) terhadap retensi dan hasil belajar peserta didik pada konsep virus di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Kata Kunci: model pembelajaran RQA, retensi, hasil belajar, virus
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 03:11 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 03:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4238 |
Actions (login required)
View Item |