PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

FAJAR, ASEP NURPADILA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
00. ASEP 01. COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
00. ASEP 02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
00. ASEP 04. ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
01. ASEP BAB I REV 3.pdf

Download (320kB)
[img] Text
02. ASEP BAB II Rev 3.pdf

Download (780kB)
[img] Text
03. ASEP BAB III Rev 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. ASEP BAB IV Rev 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] Text
05. ASEP BAB V Rev 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
06. ASEP DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)

Abstract

ABSTRAK ASEP NURPADILA FAJAR, 2019. Pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peseta Didik pada Materi Jaringan Tumbuhan. (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020).Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat sekarang ini, menuntut pendidikan untuk turut serta dalam penggunaan teknologi sebagai inovasi dalam pembelajaran. Salah satu inovasi untuk memenuhi tuntutan perkembangan ini melalui media pembelajaran berbasis teknologi yaitu media augmented reality. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 sampai dengan bulan Oktober 2020 di SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikamaya, sebanyak 6 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan majemuk sebanyak 30 butir soal dan angket motivasi belajar sebanyak 36 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA dengan taraf signifikan sebesar (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Pada penelitian ini, terdapat peningkatan aspek kognitif hasil belajar terutama pada jenjang menganalisis dan peningkatan kemampuan motivasi belajar peserta didik terutama pada indikator attention. Kata Kunci : media Augmented Reality, hasil belajar, motivasi belajar dan jaringan tumbuhan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:02
Last Modified: 25 Jan 2022 05:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4214

Actions (login required)

View Item View Item