PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2019/2020)

Yolanda, Yola (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
yola yolanda, bahasa indonesia 162121007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yola Yolanda. 2020. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai peserta didik kelas VII. Namun kenyataannya, di SMP Negeri 3 Banjar masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Talking Stick meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Banjar tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, teknik tes, teknik angket, teknik dokumentasi dengan sumber data peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 3 Banjar tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perolehan data pada siklus kesatu pertemuan pertama KD 3.5, 10 orang peserta didik (31%) yang belum mencapai KKM dan 22 orang peserta didik (69%) yang sudah mencapai KKM. Sedangkan pada siklus kesatu pertemuan kedua KD 4.5, 13 orang peserta didik (41%) yang belum mencapai KKM dan 19 orang peserta didik (59%) yang sudah mencapai KKM Siklus kedua pertemuan pertama, KD 3.3, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM, dan pertemuan kedua KD 4.3, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan yaitu 70. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Banjar tahun ajaran 2019/ 2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:47
Last Modified: 25 Jan 2022 02:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4198

Actions (login required)

View Item View Item