HUBUNGAN SOCIAL SKILLS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas XII MIPA SMA Terpadu Riyadlul ’Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

HAYATI, GINA FAUZIAH (2021) HUBUNGAN SOCIAL SKILLS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas XII MIPA SMA Terpadu Riyadlul ’Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
GINA FAUZIAH HAYATI A4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK GINA FAUZIAH HAYATI. 2020. HUBUNGAN SOCIAL SKILLS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII MIPA SMA TERPADU RIYADLUL ‘ULUM KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Social skills merupakan keterampilan individu dalam berinteraksi sosial sesama manusia, dan menjalin hubungan atau membangun sebuah jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan social skills dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XII MIPA SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2020 s/d Oktober 2020 dengan populasi seluruh kelas XII MIPA SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2020/2021, sebanyak 6 kelas. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XII MIPA A dan XII MIPA C dengan jumlah 57 peserta didik, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket sebanyak 25 item pernyataan yang diadopsi dari Carmen Paz Tapia-Guiterrez dan Sixto Cubo-Delgadob (2015) untuk mengukur variabel social skills. Data variabel hasil belajar diperoleh dari data sekunder guru mata pelajaran biologi berupa hasil dari penilaian tengah semester. Uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi korelasi dengan bantuan software SPSS versi 23 for windows. Diketahui terdapat hubungan social skills dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi di Kelas XII MIPA SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 dengan hubungan yang positif. Hasil analisis data menunjukan nilai r = 0,706 dan persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = (-49,193) + 0,97x. Dari nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi variabel social skills terhadap variabel hasil belajar sebesar 49,9%. Kata Kunci: Social Skills, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Biologi, Hubungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:21
Last Modified: 24 Jan 2022 04:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4161

Actions (login required)

View Item View Item