PERBEDAAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL DAN KINESTETIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN 1 SUKAHAJI KABUPATEN MAJALENGKA

HARDIN, ARIMBI RIZKI (2019) PERBEDAAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL DAN KINESTETIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN 1 SUKAHAJI KABUPATEN MAJALENGKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
DAFTAR ISI DLL.pdf

Download (140kB)
[img] Text
skripsi jilid A4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

ABSTRAK Arimbi Rizki Hardin. 2019. Perbedaan Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas X Sman 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan di Kelas X SMAN I Sukahaji, Kabupaten Majalengka tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan September 2019 di SMAN 1 Sukahaji, Kabupaten Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental dalam bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMAN 1 Sukahaji tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 119 orang. Adapun sampel penelitian adalah peserta didik yang memiliki kecenderungan terhadap gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui tes keterampilan proses sains aspek kognitif dengan 20 butir soal berbentuk uraian. Pengujian hipotesis menggunakan uji ANOVA dengan taraf signifikansi (α)=5%, kemudian uji lanjut menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian secara umum menunjukan terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang cenderung terhadap gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dengan nilai signifikansi pretest keterampilan proses sains sebesar 0,04 dan nilai signifikansi posttest keterampilan proses sains sebesar 0,02. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan gaya belajarnya, dalam penelitian ini gaya belajar kinestetik lebih dominan dibandingkan gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial Kata kunci : gaya belajar, keterampilan proses sains, peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jan 2022 00:57
Last Modified: 24 Jan 2022 00:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4150

Actions (login required)

View Item View Item