PEMANFAATAN GADGET BAGI PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI MATH�ANXIETY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS (Penelitian dilakukan terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Jalaksana Kuningan)

PEBRIANI, YUDIT NURUL (2019) PEMANFAATAN GADGET BAGI PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI MATH�ANXIETY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS (Penelitian dilakukan terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Jalaksana Kuningan). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SodaPDF-converted-(152151001) Yudit Nurul Pebriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK YUDIT NURUL PEBRIANI. 2019. Pemanfaatan Gadget Bagi Peserta Didik Yang Mengalami Math-Anxiety Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis (Penelitian dilakukan terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Jalaksana Kuningan) Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui math-anxiety peserta didik, kemampuan pemahaman matematis peserta didik setelah memanfaatkan gadget sebagai sumber belajar, dan pengaruh pemanfaatan gadget bagi peserta didik yang mengalami math�anxiety terhadap kemampuan pemahaman matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi adalah seluruh peserta didik kelas X Mipa 2 SMA Negeri 1 Jalaksana. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instumen tes kemampuan pemahaman dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Math-anxiety yang dialami oleh peserta didik termasuk ke dalam kriteria sedang ditandai dengan mathematic knowledge dan understanding yaitu peserta didik yang tidak hafal dan lupa rumus atau konsep matematika, (2) Kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang mengalami math-anxiety setelah memanfaatkan gadget sebagai sumber belajar termasuk ke dalam kriteria sedang yaitu peserta didik menggunakan gadget dalam proses pembelajaran untuk mencari informasi lain selain informasi dari guru, (3) Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan gadget terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik dengan koefisien determinasi sebesar 48,4% yang berarti kemampuan pemahaman matematis ditentukan oleh pemanfaatan gadget dan sisanya ditentukan oleh variabel lain. Kata kunci: Gadget, Math-Anxiety, Kemampuan Pemahaman Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jan 2022 00:56
Last Modified: 24 Jan 2022 00:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4146

Actions (login required)

View Item View Item