PENGGUNAAN BONEKA TANGAN DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) (Studi Pada Siswa Kelas I SDN Mekarjaya 12 Kota Depok Provinsi Jawa Barat)

SHAFIRA, SITI (2019) PENGGUNAAN BONEKA TANGAN DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) (Studi Pada Siswa Kelas I SDN Mekarjaya 12 Kota Depok Provinsi Jawa Barat). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (176kB)
[img] Text
PENDAHULUAN 2020.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR IS1 FIX SitShaf.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB 1 SitShaf.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB 2 SitShaf.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 3 SitShaf.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 4 SitShaf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB 5 SitShaf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB 6 SitShaf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK SITI SHAFIRA Penggunaan Boneka Tangan Dalam Peningkatan Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) (Studi Pada Siswa Kelas I SDN Mekarjaya 12 Kota Depok ahun 2019) Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan prilaku mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Mencuci tangan yang baik dan benar adalah dengan menggunakan sabun karena dengan air saja terbukti tidak efektif. Penggunaan sabun dan air tetap penting pada kedua tangan untuk kesehatan dan kebersihan tangan. Penggunaan sabun dengan menggosokan jemari tangan bertujuan menghilangkan kuman yang tampak maupun yang tidak tampak seperti: minyak, debu, kotoran lainnya. Cuci tangan dengan air dan sabun biasa sama efektifnya dengan mencuci tangan menggunakan sabun anti mikroba. TujuanOdari penelitianOini untukOmengetahui peningkatan pengetahuan siswa tentang CTPS sebelumOdanOsesudah penyuluhan dengan pemberian cerita dibantu boneka tangan. PenelitianOini menggunakanOdesainOpenelitianOpre-experimental dengan pendekatan oneOgroup pre-testOpost-test design. SampelOyang ditelitiOadalah 41 siswa kelas 1 yangOdiambil denganOteknik purposive sampling. InstrumentOyang digunakan adalahOboneka tanganOdan lembarOkuesioner kemudian dianalisisOmenggunakan Wilcoxon denganOtingkat α <0,05. Berdasarkan uji statistik Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi p = 0.000 untuk pengetahuan pretest-posttest sehingga dapat disimpulkanObahwa adaOpeningkatan pengetahuanOsebelum danOsesudah penyuluhan dengan pemberian cerita dibantu boneka tangan. Perlu diadakannya intervensi tentang Cuci Tangan Pakai Sabun dengan metode bercerita dibantu media boneka tangan untuk menghidupkan suasana belajar siswa yang menyenangkan dan dilakukan secara berkala agar siswa dapat memiliki pengetahuan, kemauan, serta kemampuan untuk bisa menjaga kesehatannya sendiri. Kata Kunci : CTPS, Bercerita, Media Boneka Tangan Kepustakaan : 2005-2018

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jan 2022 00:56
Last Modified: 24 Jan 2022 00:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4137

Actions (login required)

View Item View Item