EFISIENSI SALURAN PEMASARAN PEPAYA CALLINA (carica papaya L)

KALIYUBI, IBING (2020) EFISIENSI SALURAN PEMASARAN PEPAYA CALLINA (carica papaya L). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (236kB)
[img] Text
bab 1 ibing.pdf

Download (245kB)
[img] Text
jadina bab 2.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK EFISIENSI SALURAN PEMASARAN PEPAYA CALLINA Oleh Ibing Kaliyubi NPM 145009020 Dosen pembimbing Riantin Hikmah Widi Unang Atmaja Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pasirbatang Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa barat. Dengan tujuan untuk mengetahui besarnya margin pemasaran, serta efisiensi saluran pemasarannya. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus yang dilakukan pada tiap lembaga pemasaran yang terlibat. Metode penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah snowball sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa besarnya margin pada saluran pemasaran I perkilogram pepaya adalah sebesar Rp. 4.500 dan untuk marjin saluran pemasaran II Rp. 4.800. Biaya pemasaran pepaya yang dikeluarkan oleh para pedagang yang berada di saluran pemasaran I, untuk pedagang pengumpul yaitu sebesar Rp 605/kg, pedagang besar Rp. 659,7/kg, dan pedagang pengecer Rp. 821,6/kg. Untuk saluran pemasaran II, pedagang pengumpul sebesar Rp. 975/kg dan untuk pedagang pengecer sebesar Rp. 745,54/kg. Untuk farmer share pada saluran pemasaran I (34,7%) dan untuk saluran pemasaran II sebesar (31,4%), saluran pemasaran paling efisien adalah saluran pemasaran I, karena memiliki persentase paling kecil sebesar (22,19%) sedangkan untuk saluran pemasaran II sebesar (24,575) Kata kunci : Saluran Pemasaran, marjin pemasaran, efisiensi pemasaran, farmer share.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jan 2022 00:56
Last Modified: 24 Jan 2022 00:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4135

Actions (login required)

View Item View Item