PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN BOLA MODIFIKASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Kertajaya Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019)

SAWITRI ROSAWIJAYA, GITA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN BOLA MODIFIKASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Kertajaya Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5.ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
6.KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
11.BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
12.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
13.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
14.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
15.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
16.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah bola modifikasi dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kertajaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian SD Negeri 3 Kertajaya dengan objek penelitian siswa kelas V sebanyak 13 siswa dengan 7 siswa lakilaki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini adalah proses pembelajaran passing bawah permainan bola voli dengan menggunakan bola modifikasi. Instrumen penelitian ini menggunakan rubrik penilaian yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dimaksudkan untuk mengetahui nilai proses. Hasil penelitian passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kertajaya pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar 70,4 dan presentase keberhasilan sebesar 61,54% sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar 76,3 dan presentase keberhasilan sebesar 85% hal tersebut menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat dari data awal, dengan kata lain terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I kepada siklus II sebesar 23,46% dan peningkatan hasil belajar dari pra siklus penelitian sampai kepada siklus II adalah sebesar 77,31%. Kata Kunci: Belajar, Passing Bawah, modifikasi, bola.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:58
Last Modified: 16 Aug 2019 02:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item