PASAR RANCAH SEBAGAI PUSAT PELAYANAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA RANCAH KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS

SULASTRI, ELIS (2019) PASAR RANCAH SEBAGAI PUSAT PELAYANAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA RANCAH KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ELIS SULASTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ELIS SULASTRI. 2019. Pasar Rancah Sebagai Pusat Pelayanan Ekonomi Masyarakat di Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Pasar tradisional merupakan suatu bentuk aktivitas ekonomi masyarakat yang dilakukan secara tradisional yang terbentuk karena adanya pedagang, pembeli dan juga barang yang diperjualbelikan. Pasar Rancah merupakan pasar satu-satunya yang ada di Kecamatan Rancah. Pasar Rancah sangat berperan penting terhadap pusat pelayanan ekonomi masyarakat di Desa Rancah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor geografis yang mempengaruhi perkembangan pasar Rancah sebagai pusat pelayanan ekonomi masyarakat di Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis serta untuk mengetahui karakteristik pasar Rancah sebagai pusat pusat pelayanan ekonomi masyarakat di Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur atau perpustakaan, observasi, wawancara, kuesioner, studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 714 orang pedagang, pembeli tak terhingga, 10 orang kuli pasar dan 1 pengelola pasar. Responden dalam penelitian ini adalah pedagang sebanyak 21 orang dan kuli pasar sebanyak 5 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling, pembeli sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik insidental sampling, dan pengelola pasar menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengolahan data hasil lapangan digunakan analisis persentase (%) sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor�faktor yang mempengaruhi perkembangan pasar Rancah sebagai pusat pelayanan ekonomi masayarakat di Desa Rancah adalah: (1) lokasi pasar yang strategis karena mudah dijangkau dari kecamatan, (2) jaraknya dekat dengan pemukiman penduduk dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 1 Km, (3) sarana transportasi lancar dengan menggunakan kendaraan pibadi atau sewa mobil, (4) barang tersedia lengkap antara lain: sembako, pakaian, sayuran dan bumbu, daging, ikan, perhiasan, apotek, toko bangunan, warung nasi, peralatan rumah tangga, peralatan sekolah dan pedagang umum. Karakteristik pasar Rancah sebagai pusat pelayanan ekonomi masyarakat di Desa Rancah adalah: (1) pasar Rancah dilihat dari wujudnya meupakan pasar nyata karena terdapat berbagai jenis barang yang diperjual belikan, (2) pasar Rancah berdasarkan cara transaksinya merupakan pasar tradisional dapat melakukan tawar-menawar secara langsung, (3) pasar Rancah berdasarkan waktunya merupakan pasar harian dengan beroperasinya pasar setiap hari, dan (4) kondisi pasar Rancah dilihat dari keamanan, kenyamanan dan kebersihannya sudah terbilang aman, nyaman dan bersih dengan adanya petugas kemanan (security) dan juga petugas kebersihan yang beroperasi setiap hari. Kata Kunci : Pasar, Pusat Pelayanan, Ekonomi, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:37
Last Modified: 21 Jan 2022 07:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item