UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING PERMAINAN SEPAKBOLA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X – IPS 4 SMAN 7 Kota Tasikmalaya)

WIDODO, RAHMAT (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING PERMAINAN SEPAKBOLA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X – IPS 4 SMAN 7 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover Judul shooting.pdf

Download (121kB)
[img] Text
3. Rahmat Widodo Pengesahan.pdf

Download (111kB)
[img] Text
6 Rahmat Widodo Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (25kB)
[img] Text
7 Rahmat Widodo Bab 1 - PTK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
8 Rahmat Widodo Bab 2 - PTK.pdf

Download (639kB)
[img] Text
9 Rahmat Widodo Bab 3 - PTK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
10 Rahmat Widodo Bab 4 - PTK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
11 Rahmat Widodo Bab 5 - PTK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (153kB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING PERMAINAN SEPAKBOLA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X – IPS 4 SMAN 7 Kota Tasikmalaya) Rahmat Widodo 1) Iis Marwan 2) Deni Setiawan 3) 1) rahmatwidodo@unsil.ac.id; 2) iismarwan@unsil.ac.id; 3) denisetiawan@unsil.ac.id. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar shooting permainan sepakbola dengan menggunakan metode cooperative learning tipe student Team achievement division (STAD) pada siswa kelas X IPS 4 SMAN 7 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Data yang diperoleh adalah data hasil belajar berupa sikap, pengetahuan, dan psikomotorik. Nilai hasil belajar secara keseluruhan (aspek pengetahuan, dan psikomotor) pada pra siklus rata-rata sebesar 66,60 % atau sebanyak 21 orang siswa yang telah melampaui KKM sebesar 80 %; pada siklus 1 terjadi peningkatan rata-rata sebesar 74,25 % atau sebanyak 25 orang siswa, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata 90,3 % atau sebanyak 31 orang. Artinya KKM telah terlampaui pada siklus ke 2. Berdasarkan temuan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode cooperative learning tipe student Team achievement division (STAD) dalam proses pembelajaran shooting permainan sepakbola dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 4 SMAN 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan temuan-temuan dan simpulan tersebut di atas, dapat disarankan agar pembelajaran shooting permainan sepakbola dianjurkan menggunakan metode cooperative learning tipe student team achievement division (STAD). Kepada pihak terkait seperti Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan agar melaksanakan peningkatan mutu guru dengan adanya penataran atau pelatihan mengenai strategi dan metode pembelajaran terutama metode cooperative learning tipe student team achievement division (STAD). Kata kunci : Belajar, cooperative learning, team achievement division, shooting

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:37
Last Modified: 21 Jan 2022 07:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item