UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 14 Tasikmalaya Kota Tasikmalaya Tahun Akademik 2019/2020)

HAFIUDDIN, MOCH NOOR SYAIFUL (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 14 Tasikmalaya Kota Tasikmalaya Tahun Akademik 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI (FULL).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MOCH NOOR SYAIFUL HAFIUDDIN. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Permainan Bola Voli. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem-based learning mampu meningkatkan hasil pembelajaran passing pada siswa kelas VII E SMP Negeri 14 Tasikmalaya. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan tindakan kelas dengan melihat kemampuan siswa dalam melakukan sikap tubuh, posisi kedua tangan, pandangan mata, dan sikap passing yang benar, dengan terlebih dahulu membentuk siswa dalam kelompok-kelompok yang masing-masing beranggotakan 4-5 orang. Subjek dari penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII E SMP Negeri 14 Tasikmalaya. Teknik pengambilan data dengan melakukan skor terhadap kemampuan siswa melalui model problem-based learning. Hasil pengamatan pembelajaran menggunakan model problem-based learning mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan passing dengan benar secara lebih signifikan yaitu pada siklus I sebanyak 50 % dan pada siklus II 87,5 %. Dengan demikian, proses pembelajaran passing pada permainan bola voli dengan menggunakan model problem-based learning dapat lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai teknik passing yang benar, Kata kunci: keterampilan passing bola voli, model pembelajaran problem based learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:41
Last Modified: 20 Jan 2022 03:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4095

Actions (login required)

View Item View Item