KUSWATI, TETI (2020) LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Kober Al Hikmah Sindangrasa, Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover Skripsi.pdf Download (48kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN,LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL.pdf Download (116kB) |
|
Text
7. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
8. BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.pdf Download (245kB) |
|
Text
9. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (399kB) |
|
Text
10. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
|
Text
11. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
Abstract
ABSTRAK Teti Kuswati. 2020. LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. (Studi Kasus di Kober Al Hikmah Sindangrasa, Ciamis) Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gambaran tentang sosial ekonomi orang tua dan pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di Kober Al Hikmah Sindangrasa, Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang disajikan hasilnya dalam bentuk angka. Populasi yang digunakan adalah orang tua peserta didik di Kober Al Hikmah Sindangrasa, Ciamis. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini: kuesioner atau angket dan dokumentasi. Landasan teoritis untuk penelitian ini adalah menurut Mahmud (2009:99) Status sosial ekonomi meliputi tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, jenis pekerjaan, fasilitas khusus, dan barang�barang berharga yang ada di rumah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) latar belakang sosial ekonomi orang tua indikator pendidikan ada pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. (2) latar belakang sosial ekonomi orang tua indikator pekerjaan tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. (3) latar belakang sosial ekonomi orang tua indikator status sosial ada pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. (4) latar belakang sosial ekonomi orang tua indikator penghasilan tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. (5) latar belakang sosial ekonomi orang tua indikator kekayaan ada pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua ada pengaruhnya terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Belajar, Ekonomi, Prestasi, Sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:08 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4091 |
Actions (login required)
View Item |