PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

MELIYANI, MELIYANI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
10. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Meliyani, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Keanekaragaman Hayati (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya pada konsep Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan November 2019 di MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 7 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada konsep Keanekaragaman Hayati. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya pada konsep Keanekaragaman Hayati. Kata kunci: Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, konsep Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:08
Last Modified: 18 Jan 2022 07:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item