PENGARUH PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pokok Bahasan Sifat Pendudukan Jepang Di Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020)

ANGELA, RANI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pokok Bahasan Sifat Pendudukan Jepang Di Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
09 BAB 1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (370kB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (685kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

ABSTRAK RANI ANGELA. 2020. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Eksperimen Pada mata pelajaran sejarah Indonesia Pokok Bahasan Sifat Pendudukan Jepang Di Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020). Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar (quasi eksperimen pada mata pelajaran sejarah pokok bahasan sifat pendudukan Jepang di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2019/ 2020). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 158 siswa yang terbagi kedalam 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa, sampel ini diambil dengan Teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan catatan lapangan dan tes, catatan lapangan digunakan untuk mencatat yang terjadi ketika proses pembelajaran berlangsung yang berhubungan dengan pembelajaran di kelas, pengolahan kelas, suasana kelas, pengamatan kelas. Sedangkan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa dengan soal pilihan ganda sebanyak 27 butir soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan software IBM Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar rsiswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble sebesar 84.6 Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah sebesar 72.18. Hasil pengolahan data menggunakan U-Mann Withney diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) dari posttest kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,042. Hal ini menunjukan bahwa nilai Sig (2-tailed) 0,42 < 0,05, sehingga Ho di tolak Ha di terima. Maka terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2019/ 2020. Kata kunci: Media Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:44
Last Modified: 17 Jan 2022 04:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4077

Actions (login required)

View Item View Item