UBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP EKOSISTEM (Studi Korelasi Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

NINGRUM, HANIS RACHNA (2021) UBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP EKOSISTEM (Studi Korelasi Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_HANIS RACHNA N_162154100 2 PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK HANIS RACHNA NINGRUM. 2020. HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP EKOSISTEM (Studi Korelasi Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan atara self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada sub konsep ekosistem di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2019 sampai dengan bulan November 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA dengan jumlah 261 orang. sampel yang diambil dengan menggunkan teknik simple rondom sampling, sehingga penelitian ini mengambil sampel 7 orang dari setiap kelas XI MIPA dengan jumlah 8 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu instrumen angket Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) bagian self regulated learning yang diadopsi dari penelitian sebelumnya dan instrumen tes yang berupa soal pilihan majemuk pada materi sub konsep ekosistem yang berjumlah 36 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat person dengan taraf signifikansi (ɑ) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada materi sub konsep ekosistem kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Besar kontribusi dari self regulated learning terhadap hasil belajar sebesar 25,2%. Koefisien korelasi sebesar 0,502, sehingga korelasi tergolong sedang. Kata Kunci: Korelasi; Self Regulated Learning; Hasil Belajar;Ekosistem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:18
Last Modified: 17 Jan 2022 01:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4063

Actions (login required)

View Item View Item