UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

AMANDA, FEMBY (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MENGGUNAKAN METODE PEMBELA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling pada permainan bola basket menggunakan metode pembelajaran inquiry pada siswa kelas IX H SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX H SMP Negeri 4 Taskmalaya tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindak kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan metode pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar dribbling pada permainan bola basket. Berdasarkan hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan siklus I dan siklus II dalam proses pembelajaran dribbling permainan bola basket, ternyata telah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai persentase ketuntasan hasil belajar serta nilai rata-rata hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal 22,5%, dengan nilai rata-rata siswa adalah 67,16 , pada tes siklus I persentase ketuntasan hasil belajar dribbling bola basket 38,70% dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,66, dan pada pelaksanaan tes siklus II persentase ketuntasan hasil belajar dribbling bola basket 74,20%, dengan nilai rata�rata siswa telah mencapai 80,72. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar dribbling pada permainan bola basket pada siswa kelas IX H SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Kata kunci : inquiry, dribbling, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:09
Last Modified: 13 Jan 2022 07:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4001

Actions (login required)

View Item View Item