PENERAPAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BIDANG USAHA TATA BOGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA BARU (Studi pada Lulusan PKH di PKBM Yakafa Kota Tasikmalaya )

HARTININGSIH, NAMPI (2020) PENERAPAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BIDANG USAHA TATA BOGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA BARU (Studi pada Lulusan PKH di PKBM Yakafa Kota Tasikmalaya ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB 1 B Nampi.pdf

Download (229kB)
[img] Text
3. BAB 2 B Nampi.pdf

Download (302kB)
[img] Text
4. BAB 3 B Nampi.pdf

Download (331kB)
[img] Text
5. BAB 4 B Nampi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
6. BAB 5 B Nampi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK NAMPI HARTININGSIH 2020. Penerapan program Pendidikan Kecakapan Hidup Bidang Usaha Tata Boga dalam meningkatkan Kemampuan Wirausaha Baru (Studi pada Lulusan PKH di PKBM Yakafa Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Pembimbing H. Syaefudin, dan Lesi Oktiwanti Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan pendidikan kecakapan hidup melalui keterampilan tata boga dalam meningkatkan kemampuan wirausaha baru yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan pendampingan lulusan PKBM Yakafa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Program pendidikan kecakapan hidup dan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan program pendidikan kecakapan hidup di PKBM Yakafa. Berdasarkan hasil penelitian diperlukan teori yang melandasi penelitian ini adalah teori mengenai pelatihan keterampilan untuk mencapai kecapakan hidup masyarakat. Dengan adanya peranan kecakapan hidup pada bidang tata boga, dapat meningkatkan kemampuan wirausaha baru yang berdaya dan mandiri. Pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup ini meliputi pemberian keterampilan, pengetahuan, sikap, dan kemampuan personal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian dilakukan terhadap enam responden yaitu satu orang pengelola lembaga, dua orang instruktur dan tiga pada lulusan yang aktif pelatihan dan yang sudah berwirausaha.Analisis data yang diambil penilti yaitu reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Simpulannya berdasarkan kajian penelitian diperoleh hasil yakni pelatihan kecakapan hidup untuk memberikan bekal ilmu dan ketrampilan bagi peserta didik sesuai dengan minat yang diinginkan yang diharapkan ilmu tersebut bermanfaat menjadi bekal kemandiriannya dan mampu diterima di dunia usaha bahkan menjadi wirausaha baru, memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pendidikan kecakapan hidup dengan kelengkapan sarana prasarana serta memotivasi dalam mengembangkan kemampuannya. Kata Kunci :,kecakapan, tata boga, wirausaha

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:52
Last Modified: 13 Jan 2022 06:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3994

Actions (login required)

View Item View Item