PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Peserta Didik Kelas XI IPS MA Daarul Uluum PUI Majalengka Tahun Ajaran 2019/2020)

Fatimah, Siti (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Peserta Didik Kelas XI IPS MA Daarul Uluum PUI Majalengka Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (480kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (450kB)
[img] Text
4. ANSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (460kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (606kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (658kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (845kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Menganalisis dan menulis teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XI SMA/MA/SMK/MAK sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan menganalisis dan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI IPS MA Daarul Uluum PUI Majalengka tahun ajaran 2019/2020. Penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MA Daarul Uluum PUI Majalengka tahun ajaran 2019/2020. Pada siklus satu pertemuan kesatu aspek menganalisis teks eksplanasi peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM sebanyak 12 orang (33,3%) dan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 24 orang (66,7%). Pada sikus satu pertemuan kedua aspek menulis teks eksplanasi peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM sebanyak 13 orang (36.1%) dan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 23 orang (63,9%). Pada siklus kedua pertemuan pertama aspek menganalisis teks eksplanasi seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM sesuai dengan kriterian KKM. Pada siklus kedua pertemuan kedua aspek menulis teks eksplanasi peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 33 orang (91,7%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 3 orang (8,3%). KKM yang telah ditetapkan adalah 75. Berdasarkan hal tersebut, terdapat peningkatan dari siklus kesatu ke sikus kedua. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menganalisis dan menulis teks eksplanasi peserta didik kelas XI IPS MA Daarul Uluum PUI Majalengka tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:40
Last Modified: 13 Jan 2022 06:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item View Item