ANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK DARI BUKU KUMPULAN CERITA PENDEK “KUKILA” KARYA M. AAN MANSYUR DENGAN PENDEKATAN ANALISIS STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA (Penelitian Deskriptif Terhadap Unsur-unsur Pembangun Teks Cerita Pendek dalam Buku Kumpulan Cerita Pendek “Kukila” Karya M.Aan Mansyur)

Akbar Munajat, Rizki (2019) ANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK DARI BUKU KUMPULAN CERITA PENDEK “KUKILA” KARYA M. AAN MANSYUR DENGAN PENDEKATAN ANALISIS STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA (Penelitian Deskriptif Terhadap Unsur-unsur Pembangun Teks Cerita Pendek dalam Buku Kumpulan Cerita Pendek “Kukila” Karya M.Aan Mansyur). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
RIZKI AKBAR MUNAJAT - 142121166.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai pembelajaran berbasis teks. Oleh karena itu jenis-jenis teks termasuk teks cerita pendek harus menjadi perhatian dalam pembelajaran. Pemilihan bahan ajar merupakan persoalan pokok yang tidak dapat dikesampingkan dalam suatu proses pembelajaran yang utuh. Dalam realitas pendidikan di lapangan, kita lihat banyak pendidik yang masih menggunakan bahan ajar yang tinggal pakai, tinggal beli, instan, serta tanpa upaya merencanakan, menyiapkan, dan menyusunnya sendiri. Dengan demikian, risikonya sangat dimungkinkan jika bahan ajar yang dipakai itu tidak kontekstual, tidak menarik, monoton, dan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pada akhirnya peserta didik akan merasa bosan mengikuti proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, dapatkah teks cerita pendek dalam Buku Kumpulan Cerita Pendek “Kukila” karya M. Aan Mansyur dijadikan alternatif bahan ajar sastra? Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kesesuaian teks cerita pendek dari apek unsur-unsur pembangun, tingkat keterbacaan wacana, kriteria bahan ajar dan psikologi pembelajaran sebagai alternatif bahan pembelajaran pada peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik, subjek penelitian ini adalah unsur-unsur pembangun teks cerita pendek, tingkat keterbacaan wacana, dan kriteria bahan pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah teks cerita pendek dari buku kumpulan teks cerita pendek yang berjudul “Kukila” karya M. Aan Mansyur, teks cerita pendek yang diambil sebanyak 7 teks dari 16 populasi dengan menggunakan teknik sampling. Instrument analisis kesesuaian unsur-unsur pembangun, tingkat keterbacaan wacana, dan kriteria bahan ajar. Hasil validitas instrument penelitian dijadikan sebagai dasar untuk pengembangan hasil analisis teks cerita pendek sebagai bahan ajar sastra di sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis teks cerita pendek berdasarkan unsurunsur pembangun teks cerita pendek memenuhi keutuhan sebagai teks cerita pendek dipandang dari aspek unsur-unsur pembangunnya. Lalu hasil dari sudut pandang kriteria bahan ajar sastra dan psikologi belajar memperlihatkan kesesuaian untuk kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:18
Last Modified: 15 Aug 2019 07:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item