UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

PUJIA, ANDRIANA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) Andriana Puja1), H. Cucu Hidayat 2), H. Abdul Narlan 3) 1) Jurusan Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya 2) Jurusan Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya 3) Jurusan Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya e-mail: 1), cucuhidayat@unsil.ac.id2), abdulnarlan@unsil.ac.id 3) ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dribbling dalam permainan sepak bola dengan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division pada siswa kelas VII A SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dan objek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang siswa. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes menggunakan pendekatan proses dan pendekatan otentik pada aspek kognitif, apektif, dan psikomotor. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar dribbling permainan sepak bola pada siswa kelas VII A SMP Negeri Kota Tasikmalaya. Dari 32 orang siswa yang mengikuti pembelajaran, 28 orang (88%) berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM sebesar 70) dalam belajar dribbling permainan sepak bola. Kata Kunci : cooperative learning tipe student team achievement division (STAD), dribbling, sepak bola

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:33
Last Modified: 12 Jan 2022 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3950

Actions (login required)

View Item View Item