UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018)

Diah Kurniasari, Resma (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Dalam kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa kemampuan mengidentifikasi unsurunsur dan menyimpulkan isi teks iklan merupakan kompetensi dasar yang minimal harus dimiliki peserta didik kelas VIII. Namun, kenyataan di SMP Negeri 5 Tasikmalaya menunjukkan bahwa peserta didik banyak yang belum memahami unsur-unsur teks iklan dan simpulan isi teks iklan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran discovery learning meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018? dan dapatkah model pembelajaran discovery learning meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran discovery learning meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran discovery leraning meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, sedangkan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi, (2) teknik tes, dan (3) teknik wawancara. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018, yang berjumlah 28 orang. Penelitian yang penulis laksanakan berhasil dan cukup memuaskan. Keberhasilan penelitian ini dibuktikan oleh adanya perubahan sikap dan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018 dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks iklan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Perubahan kemampuan dapat dilihat melalui peningkatan pada proses dan hasil belajar. Perolehan nilai hasil belajar peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan pada siklus kesatu belum semua peserta didik mencapai KKM. Peserta didik yang mencapai KKM 12 orang (43%) yang belum mencapai KKM 16 orang (57%), perolehan nilai hasil belajar peserta didik dalam menyimpulkan isi teks iklan pada siklus kesatu belum semua peserta didik mencapai KKM. Peserta didik yang mencapai KKM 11 orang (39%) yang belum mencapai KKM 17 orang (61%). Pada siklus kedua semua peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks iklan (100%) sudah memiliki hasil belajar sesuai standar KKM yaitu 77. Perolehan nilai rata-rata proses belajar peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan pada siklus kesatu adalah 73, sedangkan menyimpulkan isi teks iklan pada siklus kesatu adalah 70. Perolehan nilai rata-rata proses belajar peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan pada siklus kedua adalah 86, sedangkan menyimpulkan isi teks iklan pada siklus kedua adalah 85. Adanya perubahan nilai dan peningkatan perolehan nilai proses dan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 20172018 menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:15
Last Modified: 15 Aug 2019 07:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item