PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENGONTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA K.H. Zainal Musthafa Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Marsela, Ade (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENGONTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA K.H. Zainal Musthafa Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (311kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
16. DAFTAR OUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Marsela 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan serta Mengontruksi Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA K.H. Zainal Musthafa Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta mengontruksi teks laporan hasil observasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas X SMA/SMK/MA/MAK sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran jigsaw meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta mengontruksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X SMA K.H. Zainal Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA K.H. Zainal Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Pada siklus I pertemuan pertama, peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi yaitu 13 peserta didik (44,83%), sedangkan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yaitu 16 peserta didik (55,17%). Pada pertemuan kedua siklus kesatu, peserta didik yang mecapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) dalam pembelajaran mengontruksi teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan yaitu 12 peserta didik (41,38%), sedangkan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yaitu 17 peserta didik (58,62%). Pada siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKB dengan Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yang telah diterapkan adalah 75. Dengan demikian, terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta mengontruksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X SMA K.H. Zainal Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:32
Last Modified: 12 Jan 2022 03:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3942

Actions (login required)

View Item View Item