PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Masalah-Masalah Sosial di PKBM Harapan Baru, Kota Tasikmalaya)

ABDILLAH, NUGRAHA (2020) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Masalah-Masalah Sosial di PKBM Harapan Baru, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang permasalahan penelitian ini yakni dalam proses pembelajaran peserta didik kurang aktif karena dalam pembelajarannya masih berpusat pada tutor sehingga berdampak pada hasil belajar mata pelajaran Sosiologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu PTK dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode problem solving, keaktifan dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar dengan diterapkannya metode problem solving pada pembelajaran Sosiologi materi masalah-masalah sosial. Hal ini dibuktikan dari skor keaktifan siklus I yaitu 3,37% dan pada siklus II meningkat menjadi 3,67%. Sedangkan untuk hasil belajar terdapat peningkatan dengan banyaknya peserta didik yang telah memenuhi nilai KKM. Adapun terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar setelah diterapkannya metode problem solving yakni indikator keaktifan belajar yang paling tinggi diperoleh dari indikator emotional activities dengan skor 3,67% pada siklus I dan siklus II sebesar 3,86%. Sedangkan untuk hasil belajar terdapat perbedaan yakni soal posttest yang digunakan untuk mengukur hasil belajar butir pertanyaannya sesuai dengan proses pembelajaran ketika peserta didik sedang melakukan kegiatan presentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan keaktifan belajar dengan cara memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, dan terdapat peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya metode problem solving dengan cara memberikan soal tes dari hasil diskusi yang telah dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu metode problem solving dapat dijadikan suatu alternatif dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar, dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan metode problem solving agar terdapat variasi dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Hasil, Keaktifan, Metode Problem Solving

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:28
Last Modified: 10 Jan 2022 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3940

Actions (login required)

View Item View Item