PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)(Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Najibah, Nida (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)(Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI NIDA NAJIBAH 152121093 B.INDO 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP kelas VII berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi adalah menelaah dan menyajikan tateks deskripsi. Kenyataannya, masih banyakn peserta didik yang belum mampu menelaah dan menyajikan teks deskripsi dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model pembelajaran yang penulis gunakan dalam penelitian adalah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dengan tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes dan teknik wawancara. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VII 5 SMP Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019, yang dilaksanakan dalam siklus I dan siklus II. Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Tasikmalaya untuk kelas VII adalah 75. Perolehan nilai pengetahuan pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 10 orang (24%) peserta didik, sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 31 (76%) orang peserta didik dengan nilai rata-rata 77,45. Pada siklus II persentase jumlah peserta didik yang memeroleh nilai pengetahuan di atas KKM sebanyak 41 orang (100%) dengan nilai rata-rata 87,03. Perolehan nilai keterampilan pada siklus I peserta didik yang memeroleh nilai di bawah KKM sebanyak 13 orang (32%) peserta didik, sedangkan peserta didik yang memeroleh nilai di atas KKM sebanyak 28 orang (68%) peserta didik dengan nilai rata-rata 75,19. Pada siklus II pesersentase siklus II persentase jumlah peserta didik yang memeroleh nilai keterampilan di atas KKM sebanyak 41 orang (100%) dengan nilai rata-rata 83,52. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran CIRC meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasa, kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:45
Last Modified: 15 Aug 2019 06:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item