HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK LINTAS MINAT BIOLOGI PADA KONSEP EKOSISTEM (Studi Korelasional di Kelas X IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

AFIFAH, DEA NOOR (2020) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK LINTAS MINAT BIOLOGI PADA KONSEP EKOSISTEM (Studi Korelasional di Kelas X IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI DENOFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK DEA NOOR AFIFAH. 2020. HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK LINTAS MINAT BIOLOGI PADA KONSEP EKOSISTEM. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi peserta didik pada mata pelajaran Biologi dan hasil belajar peserta didik lintas minat Biologi di SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menghubungkan antara persepsi dengan hasil belajar peserta didik pada konsep ekosistem. Populasi seluruh kelas X IPS sebanyak 5 kelas dan sampel sebanyak 1 kelas berjumlah 34 peserta didik sebagai partisipan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket yang diadaptasi dari Pratama dkk lalu angket tersebut di modifikasi oleh peneliti agar sesuai dengan konsep ekosistem. Dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Angket persepsi peserta didik terdiri dari 28 pernyataan. Setiap item memiliki alternatif jawaban yang terdiri dari 4 pilihan, yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), sangat tidak setuju (STS). Sementara tes hasil belajar diukur menggunakan soal pilihan ganda materi ekosistem terdiri dari 46 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi korelasi bivariat. Sebelum analisis data dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara persepsi dengan hasil belajar peserta didik (R=0,632; R2 = 0,399) artinya terdapat kontribusi persepsi terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 39,9%. Kata kunci: Persepsi; Hasil belajar; Peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:09
Last Modified: 10 Jan 2022 01:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3909

Actions (login required)

View Item View Item