EFEKTIVITAS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING (CORE) DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAN MENGONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI(Eksperimen pada Kelas X Madrasah Aliyah Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Hardiana Palupi, Faradila (2019) EFEKTIVITAS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING (CORE) DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAN MENGONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI(Eksperimen pada Kelas X Madrasah Aliyah Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Peristiwa komunikasi mempunyai tujuan komunikatif dalam wujud teks atau genre masing-masing yang ditentukan oleh pemakainya. Genre-based menjadi salah satu pendekatan untuk mengembangkan Kurikulum 2013 revisi. Teks negosiasi merupakan salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik tingkat SMA/MA kelas X. Untuk mencapai kompetensi itu, guru harus menerapkan model pembelajaran yang efektif. Model Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) merupakan model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksikan teks negosiasi. Model ini memiliki kelebihan, yaitu dapat mengembangkan keaktifan peserta didik, melatih daya ingat, mengembangkan daya berpikir kritis, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keefektifan model Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksikan teks negosiasi pada peserta didik kelas X MA Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas X MA Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik yaitu uji wilcoxon karena berdasarkan uji normalitas, kedua data berdistribusi tidak normal. Hasil perhitungan data pascates dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksikan teks negosiasi menunjukkan bahwa W (hitung) = 0 < W (tabel) = 52 dalam taraf signifikansi 0,05. Artinya, hasil belajar yang menggunakan model CORE lebih baik. Dengan demikian, model CORE efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksikan teks negosiasi pada siswa kelas X MA Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Model CORE, Menganalisis dan Mengonstruksikan Teks Negosiasi, Eksperimen

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:28
Last Modified: 15 Aug 2019 06:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item