PENGARUH SALES PROMOTION DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA ONLINE SHOP SHOPEE

FADILLAH, MUHAMMAD FACHRUL (2020) PENGARUH SALES PROMOTION DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA ONLINE SHOP SHOPEE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
MUHAMMAD FACHRUL FADILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, pengguna internet meningkat dengan signifikan dari tahun ke tahun. Dan saat ini shopee menjadi e�commerce dengan jumlah pengguna aktif tertinggi di Asia Tenggara begitu juga di Indonesia. Banyaknya penjual di Shopee membuat persaingan semakin ketat, salah satu cara agar dapat bersaing yaitu dengan strategi promosi. Diantara caranya yaitu Sales Promotion (promosi penjualan) dan Advertising (pengiklanan) yang akan memicu terjadinya transaksi. Terkadang transaksi secara online ini terjadi tanpa ada rencana sebelumnya atau biasa disebut dengan impulse buying (pembelian tidak terencana). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Jumlah populasi sebanyak 130 konsumen marketplace Shopee dan sampel yang digunakan seluruh jumlah populasi yang ada. Dalam teknik analisa data menggunakan regresi sederhana dan berganda, serta koesifien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 1) X1 – Y diperoleh Y = 33,944 + 0,566, koefisien korelasi sederhana 0,612 dan koefisien determinasi 37,5% 2) X2 – Y diperoleh Y = 37,139 + 0,927, koefisien korelasi sederhana 0,416 dan koefisien determinasi 17,3% 3) X1,X2 – Y diperoleh berdasarkan regresi linier berganda diperoleh nilai Y = 24,425+0,491X1+0,463X2, koefisien korelasi berganda 0,641 dan koefisien determinasi 41,1%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Sales Promotion (X1) dan Advertising (X2) berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying (Y) pada Online shop Shopee secara parsial maupun simultan maka hipotesis alternatif diterima. Kata kunci: Sales Promotion, Advertising, Impulse Buying

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:30
Last Modified: 04 Jan 2022 07:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item