RACHMAWATI, MEGA (2021) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELF CONFIDENCE DAN SELF REGULATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover Mega.pdf Download (376kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (120kB) |
|
Text
3. Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (161kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (633kB) |
|
Text
5. Abstract.pdf Download (633kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (633kB) |
|
Text
7. Ucapan Terimakasih.pdf Download (634kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (634kB) |
|
Text
9. Daftar Tabel.pdf Download (634kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (633kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (633kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (333kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (230kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (421kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan self confidence dan mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan self regulated learning peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 272 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas berdasarkan hasil pertimbangan dan rekomendasi dari guru mata pelajaran biologi dimana sampel yang diambil merupakan kelas yang memiliki nilai rata-rata rapor pertengahan di antara seluruh anggota populasi sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 6 dan kelas XI MIPA 7 dengan peserta didik yang mengisi kuesioner berjumlah 39 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner self confidence sebanyak 26 pernyataan, kuesioner self regulated learning sebanyak 20 pernyataan, dan kuesioner kecerdasan emosional sebanyak 27 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan self confidence dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,494 artinya memiliki tingkat hubungan yang sedang. Koefisien determinasi variabel kecerdasan emosional terhadap variabel self confidence diperoleh R2 yaitu 0,244 artinya variabel kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 24,4% terhadap self confidence. Dan ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning peserta didik dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,568 artinya memiliki tingkat hubungan yang sedang. Koefisien determinasi variabel kecerdasan emosional terhadap variabel self regulated learning diperoleh R2 yaitu 0,322 artinya variabel kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 32,2% terhadap self regulated learning peserta didik. Kesimpulan penelitian yaitu ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan self confidence dan ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Self Confidence, Self Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 07:15 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 07:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3837 |
Actions (login required)
View Item |