PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Widiawati, Susi (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (466kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (440kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (453kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (909kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (957kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)

Abstract

ABSTRAK Susi Widiawati. 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembangun dan Mengonstruksi Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 revisi merupakan pembelajaran berbasis teks. Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XI pada semester genap adalah teks cerita pendek. Kompetensi dasar mengenai teks cerita pendek berupa kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi teks cerita pendek. Rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 1 MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus I KD 3.4 terdapat 17 orang peserta didik (48,57%) yang belum mencapai KKB dan 18 orang peserta didik (51,42%) yang sudah mencapai KKB. Sedangkan KD 4.4, terdapat 16 orang (45,71%) yang belum mencapai KKB, dan 19 orang (54,28%) yang telah mencapai KKB. Siklus II pada KD 3.4, seluruh peserta didik 100% sudah mencapai KKB dan KD 4.4, seluruh peserta didik 100% sudah mencapai KKB, dengan Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yang ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan hasil pengolahan data dan uji statistik terdapat peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Artinya model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:08
Last Modified: 03 Jan 2022 07:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3833

Actions (login required)

View Item View Item