HUBUNGAN METAKOGNITIF DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN (Studi Korelasional di Kelas XII MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

JANNAH, NISA ZAHRA FATHATUL (2021) HUBUNGAN METAKOGNITIF DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN (Studi Korelasional di Kelas XII MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2_Lembar Pengesahan.pdf

Download (5kB)
[img] Text
3_Pernyataan.pdf

Download (5kB)
[img] Text
4_Abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Text
5_Daftar-daftar.pdf

Download (209kB)
[img] Text
6_Bab 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7_Bab 2.pdf

Download (326kB)
[img] Text
8_Bab 3.pdf

Download (650kB)
[img] Text
9_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
10_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
11_Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metakognitif dan efikasi diri terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan di kelas XII MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 s.d November 2021 dengan populasi seluruh kelas XII MIPA SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 175 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 5 SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 49 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa Metacognitive Awareness Inventory (MAI) sebanyak 45 pernyataan, angket efikasi diri sebanyak 14 pernyataan dan data hasil belajar diperoleh dari skor ulangan harian materi sistem pencernaan. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi bivariat dan multivariat. Hasil analisis data metakognitif terhadap hasil belajar memperoleh koefisien korelasi (R) 0,426 dan koefisien determinasi (R 2 ) 0,181 atau 18,1%, hasil uji bivariat efikasi diri terhadap hasil belajar memperoleh koefisien korelasi (R) 0,398 dan koefisien determinasi (R 2 ) 0,159 atau 15,9% serta metakognitif dan efikasi diri terhadap hasil belajar memperoleh koefisien korelasi (R) 0,456 dan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,208 yang artinya variabel metakognitif dan efikasi diri memberikan kontribusi sebesar 20,8 % terhadap hasil belajar, sedangkan sisanya sebesar 79,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metakognitif dan efikasi diri terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan pada kelas XII MIPA SMAN 4 Tasikmalaya. Kata Kunci : Metakognitif, Efikasi Diri, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:51
Last Modified: 03 Jan 2022 06:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3832

Actions (login required)

View Item View Item