ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Martiawanti, Mega (2020) ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (499kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (511kB)
[img] Text
12. BAB 3 setelah uji instrumen.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB IV bismillah fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
14. BAB V bismillaah fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Mega Martiawanti, 2020. “Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Dan Sarana Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M., dan Ai Nur Solihat, M.Pd. Fokus permasalahan dalam penelitian terkait prestasi belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan sarana prasarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas Xl IPS SMA Negeri 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya secara parsial dan simultan. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian survei dengan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu penyebaran angket. Populasi yang di tetapkan yaitu 155 siswa kelas Xl IPS SMA Negeri 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya dan jumlah sampel sebanyak 112 responden dan dihitung validitas dan reliabilitasnya. Teknik yang digunakan dalam penentuan jumlah sampel yaitu Teknik proportionate random sampling dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru dan sarana prasarana berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar secara simultan. Kompetensi profesional guru merupakan variabel yang mendominasi terhadap prestasi belajar, dimana pada dasarnya siswa mendapatkan pengetahauan dari guru yang senantiasa terus meningkatkan pengetahuannya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,599 atau 59,9%, artinya besar kontribusi variabel bebas kompetensi guru dan sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa sebesar 59,9% dan sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian. Berdasarkan hasil hipotesis diketahui bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kompetensi guru dan sarana prasarana sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Belajar, Guru, Kompetensi, Prasarana, Prestasi, Sarana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:40
Last Modified: 03 Jan 2022 06:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item