PROFIL METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2020/2021

AKBAR, ARIEF MAULANA (2021) PROFIL METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (197kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
03. Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi (Belum).pdf

Download (283kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (376kB)
[img] Text
06. Daftar Isi.pdf

Download (303kB)
[img] Text
07. BAB 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
08. BAB 2.pdf

Download (327kB)
[img] Text
09. BAB 3.pdf

Download (846kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil metakognitif peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020. Metode penelitian yang diunakan adalah deskriptif kualitatif dengan populasi kelas XI MIPA 170. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purpossive sampling berjumlah 34 orang dengan alasan pengambilan sampel bahwa sample tersebut berasal dari satu kelas yang memiliki nilai rata-rata raport tertinggi diantara kelas lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Hiberman (data reduction, data display dan data conclution). Triangulasi data berasal dari Metacognitive Awareness Inventory (MAI), hasil wawancara peserta didik dan hasil wawancara guru biologi kelas X dan XI. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Persentase skor rata-rata metakognitif secara keseluruhan 78.51% yang terdiri dari pengetahuan metakognitif sebesar 77.63% dan keterampilan metakognitif sebesar 79.39%, 2) Faktor yang berpengaruh terhadap metakognitif peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 4 Tasikmalaya yaitu pembuatan tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didik, model pembelajaran yang diterapkan guru, dan metode belajar yang sering dilakukan oleh peserta didik, 3) Guru sudah berusaha dengan baik saat melakukan pembelajaran, baik itu dengan melakukan pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran, melakukan kegiatan praktikum, dan melakukan pembelajaran diluar ruangan agar peserta didik tidak jenuh saat melakukan proses pembelajaran. Kata Kunci: metakognitif, pembelajaran biologi, profi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:18
Last Modified: 03 Jan 2022 04:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3820

Actions (login required)

View Item View Item