AKBAR, ARIEF MAULANA (2021) PROFIL METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (197kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (184kB) |
|
Text
03. Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi (Belum).pdf Download (283kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (190kB) |
|
Text
05. Kata Pengantar.pdf Download (376kB) |
|
Text
06. Daftar Isi.pdf Download (303kB) |
|
Text
07. BAB 1.pdf Download (311kB) |
|
Text
08. BAB 2.pdf Download (327kB) |
|
Text
09. BAB 3.pdf Download (846kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil metakognitif peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020. Metode penelitian yang diunakan adalah deskriptif kualitatif dengan populasi kelas XI MIPA 170. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purpossive sampling berjumlah 34 orang dengan alasan pengambilan sampel bahwa sample tersebut berasal dari satu kelas yang memiliki nilai rata-rata raport tertinggi diantara kelas lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Hiberman (data reduction, data display dan data conclution). Triangulasi data berasal dari Metacognitive Awareness Inventory (MAI), hasil wawancara peserta didik dan hasil wawancara guru biologi kelas X dan XI. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Persentase skor rata-rata metakognitif secara keseluruhan 78.51% yang terdiri dari pengetahuan metakognitif sebesar 77.63% dan keterampilan metakognitif sebesar 79.39%, 2) Faktor yang berpengaruh terhadap metakognitif peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 4 Tasikmalaya yaitu pembuatan tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didik, model pembelajaran yang diterapkan guru, dan metode belajar yang sering dilakukan oleh peserta didik, 3) Guru sudah berusaha dengan baik saat melakukan pembelajaran, baik itu dengan melakukan pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran, melakukan kegiatan praktikum, dan melakukan pembelajaran diluar ruangan agar peserta didik tidak jenuh saat melakukan proses pembelajaran. Kata Kunci: metakognitif, pembelajaran biologi, profi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 04:18 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 04:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3820 |
Actions (login required)
View Item |