PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 9 GARUT Tahun Ajaran 2019-2020)

Darisman, Ambar Ismara Mula (2019) PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 9 GARUT Tahun Ajaran 2019-2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
4. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ambar Ismara Mula Darisman. 2019. Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Jaringan Tumbuhan (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 9 Garut Tahun Ajaran 2019-2020). Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengerahui pengaruh aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Garut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai bulan September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Garut sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling.teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi jaringan tumbuhan sebanyak 35 soal pilihan majemuk yang diberikan melalui aplikasi Quizizz dan dikerjakan menggunakan gawai secara daring. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Pada penelitian ini ditemukan peningkatan pada aspek kogitif terutama pada jenjang menganalisis, peningkatan ini terjadi karena model pembelajaran discovery learning yang dikombinasikan dengan kegiatan praktikum. Selain itu, kebiasaan mencontek peserta didik dapat diminimalkan karena peserta didik terbiasa mengerjakan soal menggunakan aplikasi Quizizz dengan randomisasi. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Garut. Kata kunci: Aplikasi Quizizz, hasil belajar, jaringan tumbuhan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 30 Dec 2021 07:00
Last Modified: 30 Dec 2021 07:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3799

Actions (login required)

View Item View Item