HUBUNGAN KECEMASAN BELAJAR BIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR KELAS XI MA NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA

NOOR, DINI ISLAMI (2020) HUBUNGAN KECEMASAN BELAJAR BIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR KELAS XI MA NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_DINIISLAMINOOR A4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kecemasan menjadi salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Kecemasan yang dihadapi peserta didik dalam mata pelajaran biologi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor lingkungan di sekolah, faktor keluarga dan faktor intenal siswa itu sendiri. Sehingga muncul kekhawatiran pada saat mereka melaksanakan pembelajaran Biologi seperti takut diejek teman, malu, minder, takut kena marah orang tua, serta gemetar jika pembelajaran Biologi dimulai. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecemasan belajar biologi dengan Hasil belajar kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen kecemasan belajar biologi yang peneliti adaptasi dari Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) yang terdiri dari 10 item skala yang masing-masing ditentukan oleh serangkaian gejala dan mengukur kecemasan psikis (agitasi mental dan tekanan psikologis) dan kecemasan somatic (keluhan fisik yang berkaitan dengan kecemasan). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran biologi berupa nilai hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecemasan belajar biologi memiliki hubungan yang kuat dengan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi 0,695. Serta peserta didik kelas XI MIPA 1 memiliki kecemasan belajar biologi pada tingkat yang sedang dengan persentase sebesar 58%. Kesimpulan dalam penelitian ini, terdapat hubungan antara kecemasan belajar biologi dengan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Hubungan tersebut bersifat negatif dan berada pada kategori kuat. Kata Kunci : Kecemasan Belajar Biologi, Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:27
Last Modified: 30 Dec 2021 04:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3794

Actions (login required)

View Item View Item