HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA SISTEM PENCERNAAN (Studi kolerasi pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020)

TRY BHARATA, MUHAMMAD IMAM (2021) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA SISTEM PENCERNAAN (Studi kolerasi pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. M. IMAM (1) revisi (Autosaved).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan belajar dapat merupakan prestasi peserta didik yang dicapai dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui keberhasilan belajar dapat dilihat melalui beberapa indikator yang menjadi parameternya. Salah satu faktor yang membawa pengaruh positif adalah kebiasaan belajar yang dilakukan oleh peserta didik. Di SMAN 1 Ciamis pada bulan pada bulan Maret 2020 diperoleh informasi bahwa kebiasaan belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi menunjukkan perilaku yang kurang memenuhi harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dan hasil belajar biologi peserta didik pada sistem pencernaan di kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sampai XI MIPA 7 SMAN 1 Ciamis. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 sejumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket dengan jumlah instrumen 13 pertanyaan dan tes dengan jumlah soal 28 item soal. Instrumen yang digunakan adalah test dan non-test yaitu berupa soal untuk hasil belajar dan angket untuk kebiasaan belajar. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji regresi korelasi bivariat untuk uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar peserta didik dalam sistem pencernaan manusia di kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020. Korelasi antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan memiliki nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,421 yang berarti hubungan antar variabel bersifat sedang. Untuk nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,177 atau 17,70%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 17,7% terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar; Hasil Belajar; Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Dec 2021 08:30
Last Modified: 29 Dec 2021 08:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item