ANALISIS UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERPEN “SENJA DAN CINTA YANG BERDARAH” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA (Penelitian Deskriptif Analitik)

Siti Nuraisah, Ai Eis (2019) ANALISIS UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERPEN “SENJA DAN CINTA YANG BERDARAH” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA (Penelitian Deskriptif Analitik). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
KATA PENGANTAR dan daftar isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)

Abstract

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 dalam Kurikulum 2013 revisi, salah satu kompetensi dasar dari kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik kelas XI adalah KD 3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan unsur pembangun cerita pendek yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek “Senja dan Cinta yang Berdarah” karya Seno Gumira Ajidarma serta dapat atau tidaknya cerita pendek tersebut dijadikan sebagai alternatif bahan ajar kelas XI SMA. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik dokumentasi, teknik analisis, dan teknik penyesuaian dengan kriteria bahan ajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, kumpulan cerita pendek “Senja dan Cinta yang Berdarah” yang telah diambil 6 sampel dari 85 populasi memiliki kelengkapan terhadap unsur-unsur pembangun. Kumpulan cerita pendek “Senja dan Cinta yang Berdarah” juga sesuai dengan kriteria bahan ajar sehingga dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA. Hasil analisis oleh 36 siswa kelas XI SMAN 7 Tasikmalaya terhadap data menunjukan bahwa 28 siswa dapat menganalisis dengan tepat, 5 orang siswa menganalisis dengan kurang tepat, dan 3 orang siswa menganalisis dengan tidak tepat. Hal tersebut sebagai salah satu bukti teks cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek “Senja dan Cinta yang Berdarah” karya Seno Gumira Ajidarma sesuai dengan kriteria bahan ajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:45
Last Modified: 15 Aug 2019 03:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item