HUBUNGAN FLEKSIBILITAS KOGNITIF DENGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIA MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

OKTAVIANI, NISHA NURUL (2020) HUBUNGAN FLEKSIBILITAS KOGNITIF DENGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIA MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Nisha Nurul 162154105 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara fleksibilitas kognitif dengan keterampilan pemecahan masalah (KPM) pada mata pelajaran biologi di kelas X MIA 1 MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober sampai bulan november 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas X MIA sebanyak 3 kelas dengan jumlah peserta didik 86 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 1 kelas (28 orang). instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yang sudah tervalidasi yaitu Cognitive Flexibility Inventory (CFI) dan soal keterampilan pemecahan masalah yang dikembangkan dari lima indikator dengan konten soal meliputi materi biologi pada kelas X secara acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara fleksibilitas kognitif dengan keterampilan pemecahan masalah (R = 0,840; R2 = 0,706). Memiliki kekuatan hubungan sebesar 0,840 dan kontribusi dari fleksibilitas kognitif terhadap keterampilan pemecahan masalah sebesar 70.6%. Kata kunci: fleksibilitas kognitif, keterampilan pemecahan masalah, mata pelajaran biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:52
Last Modified: 29 Dec 2021 07:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3787

Actions (login required)

View Item View Item