PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LITOSFER DI KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH SINGAPARNA

NOVIANI, RINA (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LITOSFER DI KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH SINGAPARNA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_RINA NOVIANI_162170075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas X IPS SMA Muhammadiyah Singaparna. Penggunaan model pembelajaran yang melibatkan siswa diharapkan mampu memberikan pengaruh kepada siswa untuk memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai materi yang dibahas. Model pembelajaran dengan melibatkan siswa salah satunya adalah model pembelajaran Tutor Sebaya. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya pada materi litosfer di kelas X IPS SMA Muhammadiyah Singaparna?. (2) Bagaimanakah pengaruh penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPS pada materi litosfer SMA Muhammadiyah Singaparna?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik total sampling sebanyak 57 orang siswa yang terbagi kedalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya pada materi litosfer di kelas X IPS SMA Muhammadiyah Singaparna yaitu: guru mempersiapkan materi dengan membagi penggalan sub materi, guru memberikan penjelasan mengenai materi, membagi kelompok dan siswa pandai disebar , guru menentukan tutor dari siswa yang berkompeten, siswa (tutor) mengajarkan temannya,guru mengawasi dan membimbing proses belajar, dan guru mengadakan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji normalitas kelas eksperimen nilai Sig hasil Pretest sebesar 0,066 dan Sig hasil posttest 0,76. Pada kelas kontrol nilai Sig hasil Pretest 0,200 dan nilai Sig hasil posttest 0,200. Dari data tersebut maka masing-masing data dari kedua kelas berdistribusi normal karena nilai Sig > 0,05. Kemudian pada uji homogenitas antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,139. Dimana Sig 0,139>0,05, maka dapat disimpulkan kedua varians memiliki varians yang homogen. Pada pengujian hipotesis didapatkan hasil Signifikan thitung atau Sig (2- tailed) adalah sebesar 0,000. Dengan ini menunjukan bahwa nilai Signifikan thitung atau Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Maka, terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa pada materi Litosfer di kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah Singaparna. Kata Kunci : Model pembelajaran, Tutor Sebaya, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:36
Last Modified: 29 Dec 2021 07:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item View Item