PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Mardyantini, Nurul (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI DYAN JADI ALHAMDULILLAH GAIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Mardyantini. 2019. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan serta Mengembangkan Teks Prosedur dengan Menerpakan Metode Pembelajaran Demonstrasi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menganalisis teks prosedur dan mengembangkan teks prosedur merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XI SMA/MA/Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya metode pembelajaran demonstrasi meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menganalisis dan mengembangkan teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI DKV I SMK Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I pertemuan pertama KD. 3.2 4 peserta didik (12,12%) yang belum mencapai KKM dan 29 peserta didik (87,87%) yang telah mencapai KKM, dan pertemuan kedua dengan KD 4.2 3 peserta didik (90,90%) yang belum mencapai KKM dan 30 peserta didik (9,09%) yang sudah mencapai KKM. Siklus II pertemuan pertama dengan KD 3.2, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM dengan Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan adalah 77. Dengan demikian terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengembangkan teks prosedur pada peserta didik kelas XI DKV I SMK Negeri 3 Tasikmalaya Tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:29
Last Modified: 29 Dec 2021 07:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item View Item