PENGARUH MEDIA PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020

FAJAR, IBNU (2020) PENGARUH MEDIA PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK IBNU FAJAR. 2020. PENGARUH MEDIA PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan Uno Stacko pada mata pelajaran Sejarah Indonesia pokok bahasan sejarah masuknya Islam di Indonesia terhadap minat belajar siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/ 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya sebanyak 274 siswa yang terbagi kedalam 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 5 dengan jumlah 34 siswa, sampel ini diambil dengan Purposive Sampling Technique. Instrumen penelitian ini berupa angket minat belajar sebanyak 21 butir pernyataan yang telah melalui uji validitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Software Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media permainan Uno Stacko berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan oleh Hasil pengelolahan data mengunakan Uji Paired Samples Test, diperoleh nilai signifikansi atau Sig (2- tailed) sebesar 0,003. maka dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka terdapat pengaruh penggunaan media permainan Uno Stacko pada mata pelajaran Sejarah Indonesia pokok bahasan sejarah masuknya Islam di Indonesia terhadap minat belajar siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/ 2020. Kata kunci: Uno Stacko, Pelajaran Sejarah, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:29
Last Modified: 29 Dec 2021 07:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item