PENGARUH POLA ASUH PERMISIF TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (Studi Pada Orang Tua Anak Usia 4-5 Tahun di Stuan PAUD Sejenis Taman Asuh Anak Muslim Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)

Ernawati, Rani (2020) PENGARUH POLA ASUH PERMISIF TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (Studi Pada Orang Tua Anak Usia 4-5 Tahun di Stuan PAUD Sejenis Taman Asuh Anak Muslim Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (507kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Rani Ernawati 2020. Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Pada Orang Tua Anak Usia 4-5 tahun di Satuan PAUD Sejenis Taman Asuh Anak Muslim Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Skripsi Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Dibimbing Oleh H. SYAEFUDDIN DAN LESI OKTIWANTI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pola asuh orang tua yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak usia dini. Pola asuh ini dapat dirasakan oleh anak dan bisa memberi efek positif maupun negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pola asuh permisif terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di SPS TAAM Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Teori yang melandasi pola asuh permisif adalah ini teori dari Agus Dariyo (2011:207) bahwa “Pola asuh permisif ini orang tua justru merasa tidak peduli dan cenderung memberi kesempatanserta kebebasan secara luas kepada anaknya. Sedangkan teori perkembangan kognitif anak usia dini adalah menurut Ahmad Susanto (2011:48) bahwa “kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa”. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel dari penelitian ini sebanyak 59 responden. Instrumen penelitian menggunakan Kuesioner dengan menyebar angket untuk orang tua dan lembar observasi untuk anak. Dari hasil analisis data besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai koefisien determinasinya (KD) atau R Square sebesar 0,214 (21.4%). Maka hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh pola asuh permisif terhadap perkembangan kognitif anak usia dini sebesar 21,4% kecil namun positif dan signifikan. Dari 6 indikator, pola asuh permisif paling dominan berpengaruh pada indikator perkembangan cara berfikir anak egosentris. Kata Kunci : Pola asuh, Kognitif, Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:28
Last Modified: 29 Dec 2021 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3759

Actions (login required)

View Item View Item