PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

FATIHAH, AINAYA AL (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (516kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (847kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

ABSTRAK Ainaya Al Fatihah. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Drs. Suhendra, M.Pd dan Rendra Gumilar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis survei dengan desain survei explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 , 2, 3 dan XI IPA 1, 2, 3, 6, 7, 8 SMA Negeri 3 Tasikmalaya yang berjumlah 304 peserta didik dengan sampel sebanyak 173 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t untuk variabel motivasi belajar diperoleh nilai thitung 6,224 > ttabel 1,97402, artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Selanjutnya hasil uji t untuk variabel kemandirian belajar diperoleh nilai thitung 7,398 > ttabel 1,97402, artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 147,911 > Ftabel 3,05, artinya secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Koefisien determinasi pada nilai R square (R2 ) sebesar 0,635 atau 63,5%. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa variabel motivasi belajar dan kemandirian belajar mempengaruhi variabel prestasi belajar sebesar 63,5%, sedangkan sisanya 36,5% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Kata kunci: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:09
Last Modified: 28 Dec 2021 02:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item